Berita Dewan Dakwah

Orientasi Dan Pembentukan Muslimat Dewan Dakwah Jabar

Hari Jumat, 30 September 2018 merupakan hari bersejarah bagi Muslimat Dewan Dakwah Jabar. Karena pada hari itu Pimpinan Pusat Muslimat Dewan Dakwah pusat berkunjung ke Jalan Pungkur 151 untuk menghadiri acara Reorientasi dan pembentukan PW Muslimat Dewan Dakwah Jawa Barat. Acara yang dihadiri sekitar 25 an calon pengurus itu dihadiri pula oleh Ketua Umum Dewan Dakwah Jabar, Dr. H. Hadiyanto, M.I.Kom dan Ketua Majelis Syuro, HM. Daud Gunawan.

Dalam sambutannya Sekretaris Umum PP Muslimat, Ir. Doriangat Pakpahan menyatakan bahwa Muslimat Dewan Dakwah merupakan Badan khusus yang dibentuk oleh Pengurus Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia yang diberi kewenangan memiliki struktur dan mekanisme kerja tersendiri sebagai upaya penguatan dan optimalisasi peran dan fungsi Muslimat dalam gerakan dakwah Dewan Dakwah.

Adapun visinya adalah terwujudnya wanita Indonesia yang Islami, konprehensif dan berkualitas dalam semangat amal jama’i. Adapun kegiatannya pertama, melaksanakan dakwah di kalangan perempuan dan keluarga dengan mengacu pada khittah dakwah, Anggaran Dasar dan Anggaran rumah tangga Dewan dakwah Islamiyah Indonesia. Kedua, menghimpun, menyalurkan, menyuarakan dan menyampaikan aspirasi kaum perempuan pada pemerintah agar dijadikan pertimbangan di dalam mengambil kebijakan atau keputusan bagi kemaslahatan rakyat Indonesia pada umumnya, dan kaum muslimat khususnya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Ketiga, menyelenggarakan pendidikan dan latihan di bidang keagamaan dengan menghidupkan dan menggairahkan semangat berdakwah, berorganisasi, diskusi, seminar, lokakarya, pelatihan dan aktifitas sejenis guna meningkatkan kualitas kader Muslimat Dewan Dakwah dan masyarakat.

Sementara itu Ketua Umum Dewan Dakwah Jabar, Dr. H. Hadiyanto, M.I.Kom mengharapkan agar di Jabar ini segera terbentuk kepengurusan Muslimatnya guna membantu meringankan beban dakwah yang semakin hari semakin kompleks. Demikian juga Ketua Dewan Syuro, HM. Daud Gunawan mengingatkan tentang urgensi kehadiran organ khusus Dewan Dakwah ini.

Sedangkan Ketua Panitia, Ibu Sriwati mengajak kepada seluruh calon pengurus agar mempersiapkan diri menjadi tasykil dalam wadah baru bentukan Dewan Dakwah Jabar ini. “Memang kita sebagai ibu-ibu pasti sangat sibuk dan terkadang sulit mengatur waktu. Namun demikian karena ini merupakan tuntutan dakwah, marilah kita sisipkan waktu untuk Muslimat Dewan Dakwah ini,” ujarnya.

Dalam waktu tidak terlalu lama, insya Alloh PW Muslimat akan dideklarasikan dan sedang diproses SK Pengurusnya. ***MAF/dewandakwahjabar.or.id

Comments
To Top