Dakwah Pedalaman

Kado Ramadhan Yatim dan Dhuafa

Tiga bocah cilik Mentawai itu kini jadi anak yatim-piatu. Ibunya, Yunita Aidu, sudah wafat pada 15 April lalu.  Perempuan mualaf asal Dusun Puro, Desa Muara Siberut, Kec Siberut Selatan, Kab Kep Mentawai, Sumatera Barat, itu meninggal setelah sempat dirawat secara gratis di RS Ibnu Sina, Kota Padang.

Kini ketiga anak piatu hidup sangat memprihatinkan menumpang pada saudaranya di Puro.

‘’Semoga para muhsinin Laznas Dewan Dakwah membantunya,’’ ujar Mahmud, da’i Dewan Dakwah di Muara Siberut.

Penyantun (kafil) anak yatim, dijanjikan baginya surga dan tempat tinggal yang  dekat dengan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.  Dari Sahal bin Sa’id radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:

“Aku akan bersama orang-orang yang mengurusi anak yatim dalam surga, seperti ini.” Beliau memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah lalu beliau merenggangkan keduanya’’ (HR Bukhari no 4892).

Dari hadis tersebut para ulama menjelaskan, anak yatim adalah anak kecil yang belum baligh, tetapi ayahnya sudah meninggal dunia.

Kafil Yatim adalah orang yang mengurusi segala keperluan anak yatim. Sebagaimana disebut di dalam Kitab Ad-Dibaj ‘ala Muslim (6/290) :

“Yang dimaksud dengan (Kafil Yatim) adalah orang yang mengurusi segala keperluan anak yatim, seperti nafkah, pakaian, bimbingan dan pendidikan dan lain-lainnya.

Diantara keutamaan memelihara anak yatim adalah: Pertama,  Mendapatkan manfaat dan pahala di dunia dan akherat; Kedua, Ikut serta di dalam membangun masyarakat yang bersih dari dendam dan kebencian; Ketiga, Menjaga keturunan anak yatim; Keempat, Menunjukkan kecintaannya kepada Rasululullah shallallahu ‘alaihi wa sallam; Kelima, Kelak berdekatan dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di surga; Keenam, Menunjukkan jiwa yang sehat dan fitrah yang bersih; Ketujuh, Melembutkan hati yang keras dan   jiwa yang kasar; Kedelapan, Membersihkan harta; Kesembilan, Menambah rizqi kaum dermawan.

Mari peduli anak yatim, melalui Program Kado untuk Yatim dan Dhuafa (Kado Ayad). Paket terdiri seperangkat busana baru muslim, tas, dan perlengkapan sekolah. Paket ini bernilai Rp 500.000.

Comments
To Top